Tugas SoftSkill Bahasa Indonesia - Enfys

Sunday 19 April 2015

Tugas SoftSkill Bahasa Indonesia

CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF DARI NOVEL


Saya mengambil Paragraf dari Novel Radiance, karya Alyson Noel
-Deduktif    

            Sebagian besar orang mengira kematian adalah akhir. Akhir kehidupan, berakhirnya saat-saat menyenangkan, akhir dari, ya, bias dibilang segalanya. Namun orang-orang itu keliru. Benar – benar keliru. Aku tahu persis. Karena,  aku sudah meninggal sejak setahun lalu.

         Yang Paling aneh soal kematian adalah sesungguhnya taka da yang berubah. Maksudku, kita tentunya mengharapkan perubahan besar besaran, kan? Soalnya kematian itu, kita akui saja, merupakan perkara dramatis. Ada lagu lagu mengenai kematian, juga buku dan film tentang itu. Kematian bahkan menjadi tema penting dalam kartun minggu pagi. Namun, nyatanya kematian sama sekali tidak seperti yang kita lihat di TV. Sama sekali tidak mirip.

         Pada saat meninggal aku justru merasa lebih hidup daripada sebelumnya. Aku bisa melompat lebih tinggi, lari lebih cepat, aku bahkan bisa berjalan menembus dinding kalau mau.
        
         Aku bisa memunculkan apapun yang kuinginkan, seperti benda benda, rumah, mobil dan pakaian, bahkan hewan dan pantai.

-Induktif
Segalanya identik, sampai ke pakaian yang digantung di lemariku, kaus kaki yang dijejalkan ke laciku, dan poster yang ditempelkan ke dinding kamarku. Satu satunya yang berbeda, satu satunya hal yang mengusikku adalah semua rumah di sekitar kami kosong. Tentunya karena semua tetangga dan teman lamaku masih hidup dan sehat walafiat di alam fana.

Saat aku bertanya kepada orang ini tempat apa, mereka menjawab sini, dan bodohnya aku bertanya sekarang jam berapa, dan mereka menjawab kini. Artinya semua terjadi tepat saat ini yaitu kini jadi kurasa bisa kita katakana bahwa aku tinggal di sini & kini.
                       
            Ketika aku bangun, buttercup sedang mendengking dan merengek, serta mencakar cakar aku. Tepat saat aku hendak mendorongnya lagi, teringatlah aku, bahwa buttercup sedang menyemangatiku.

Cepat sejaku jay jenbaku, seru Bodhi, duduk di pagar tangga dengan gayanya yang bungkuk, mengunyah sebatang sedotan panjang hijau, seperti yang diberikan di starbucks, alih alih mengigit bibir bawahnya seperti beberapa saat lalu. Dipandanginya aku dengan seksama dan sepertinya dia tidak kaget sedikitpun bahwa aku sudah menyerah sedini itu dalam permainan ini.
                       

CONTOH SALAH SATU TEKNIK PENGUKURAN DATA


Wawancara

Berikut adalah wawancara dengan polisi lalu lintas   :
Topik Pelanggar Lalulintas
NaraSumber (N) : Polisi Lalulintas
Pewawancara (W) : Saya

W        : Selamat siang pak
N         : Selamat siang
W        : Begini pak, Saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan tentang kecelakaan lalulintas
N         : Tentusaja boleh, Silahkan mas
W        : Apakah penyebab utama terjadinya kecelakaan pak??
N         : itu karna pengendara tidak mematuhi aturan lalu lintas
W        : Apa sajakah yang disiapkan pemerintah untuk menjamin keselamatan pengendara??
N         : Pemerintah sudah menyiapkan rambu  rambu keselamatan agar para pengendara mematuhinya
W        : Apa sanksi bila pengendara tidak mematuhi aturan lalulintas?
N         : Pertama saya memberikan teguran, dan kedua saya tilang, tergantung dari apa yang mereka langgar.
W        : Kira kira dalam sehari ada berapa pelanggar lalu lintas pak?
N         : Mungkin bias sampai 30 lebih mas.
W        : Terimakasih Bapak telah menjawab semua pertanyaan dari saya
N         : iya, sama  sama.

Dari wawancara di atas kita bisa tahu kenapa kecelakaan sering terjadi dan masih banyaknya para pengendara yang melanggar rambu lalulintas.


CONTOH KUTIPAN DAN CATATAN KAKI DI CATATAN


Kutpian
·         Kutipan langsung
Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara (Keraf, 1983: 3)
·         Kutipan Tidak Langsung

Seperti dikatakan oleh Gorys Keraf (1983:3) bahwa argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yangdikatakan penulis.

Catatan Kaki
 Sidi Gazalba, Maut: Batas Kebudayaan dan Agama (Jakarta: Penerbit Tintamas Indonesia, 1972), 100




Sumber :
Novel Seri Riley Bloom Radiance, Karya Alyson Noel


Pages