SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS KOMPUTER PENDATAAN PENJUALAN TUNAI PADA TOKO MEGA TECH SURABAYA. - Enfys

Sunday 2 October 2016

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS KOMPUTER PENDATAAN PENJUALAN TUNAI PADA TOKO MEGA TECH SURABAYA.


Pendahuluan

         pada era moderen teknologi semakin berkembang dengan pesatnya. perkembangan teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pekerjaan kita terlebih lagi dalam dunia bisnis. dengan kemajuan teknologi banyak sekali pekerjaan manusia yang dapat digantikan dengan mesin atau dapat juga memudahkan kerja manusia itu sendiri. dan pada era globalisasi ini informasi sangat cepat terkirim dengan bantuan teknologi yang dapat diandalkan.
     Toko Mega Tech Surabaya merupakan suatu usaha yang bergerak dibidang perdagangan yang menjual berbagai macam assesoris komputer, seperti keyboard, mouse, headset, flashdisk dan lain sebagainya. Selain itu toko ini masih belum dapat menghasilkan laporan keuangan secara cepat dan akurat. Oleh karena itu untuk membantu kegiatan transaksi di toko ini maka penulis mengusulkan dibentuknya suatu perancangan sistem pendataan penjualan tunai terkomputerisasi yang dirancang sesuai dengan kebutuhan toko ini. Selain itu, sistem yang akan dibuat harus mudah dipahami. Sehingga sistem ini dapat meningkatkan kinerja
    Toko Mega Tech dan juga  membantu kegiatan usaha menjadi lebih efektif dan efisien. Serta sistem akuntansi pendataan penjualan tunai ini dapat memberikan informasi yang relevan, cepat dan akurat guna kepentingan pengambilan keputusan dalam kegiatan usaha.

Tujuan

  tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan pekerjaan suatu pekerjaan dengan menggunakan program akuntansi berbasis komputer pendataan penjualan tunai pada sebuah toko. agar toko tersebut lebih cepat dan lebih singkat dalam melakukan pekerjaannya.


Metode perancangan

Metode perancangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah System Development Life Cycle (SDLC)  

a. Tahap analisis (analysis) Pada tahap ini perlu dilakukan analisis sistem untuk menemukan kelemahan sistem dan menentukan sistem baru yang lebih baik dan lebih cocok. Analisis sistem dapat dibagi menjadi empat tahap, antara lain: 
1. Analisis pendahuluan Dalam analisis pendahuluan analis sistem  mengumpulkan informasi untuk memperoleh gambaran mengenai perusahaan klien.
2. Penyusunan usulan pelaksanaan analisis sistem Berguna untuk menemukan titik temu antara pemakai sistem dengan analis sistem mengenai pengembangan sistem yang akan dilaksanakan. 
3. Pelaksanaan analisis sistem Pelaksanaan berdasarkan rencana kerja sesuai dengan usulan pelaksanaan analisis sistem. Langkah umum yang dilakukan antara lain: 
a. Mempelajari laporan yang dihasilkan oleh sistem yang telah ada 
b. Menganalisis transaksi yang terjadi 
c. Mempelajari jurnal atau catatan pertama 
d. Mempelajari buku besar dan buku pembantu atau catatan terakhir 

b. Tahap rancangan (desain) Merupakan suatu proses penerjemahan pemakai informasi kedalam rancangan sistem. Ada enam tahap dalam desain sistem, yaitu: 
1. Desain sistem secara garis besar 
2. Penyusunan usulan desain sistem secara garis besar 
3. Evaluasi sistem 
4. Penyusunan laporan final desain sistem secara garis besar 
5. Desain sistem secara rinci 
6. Penyusunan laporan final desain sistem secara rinci 

c. Tahap penerapan (implementation) Merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh dan mengintegrasikan sumberdaya fisik dan konseptual untuk menghasilkan suatu sistem. Dalam penerapan sistem ini penulis melakukan pelatihan terhadap karyawan dengan langsung terjun kelapangan untuk menggunakan sistem yang baru. Sedangkan konversi sistem yang digunakan adalah konversi paralel. Konversi pararel ini dinilai lebih cocok untuk toko Mega Tech karena konversi mengimplementasikan sistem baru bersamaan dengan sistem yang lama selama jangka waktu tertentu.

Hasil

hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya sebuah aplikasi akuntansi berbasis komputer ini. toko Mega Tech bisa mendapatkan kinerja yang sangat cepat karena aplikasi ini memang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan dari toko tersebut.


Penutup

Dari hasil penelitian ini kita dapat menyimpulkan bahwa teknologi tidak lepas dari kegiatan ekonomi yang dilakukan disetiap perusahaan bisnis. terlebih lagi teknologi merupakan sebuah sarana agar pekerjaan lebih mudah dan mempercepat akurasi dari sebuah pekerjaan dan hasilnya juga bisa sangat akurat.

Daftar pustaka

  • Stefani Agustina, S.Akun Jurusan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang Jl. Nakula 1 No 5-11 Semarang 21stefani.sa@gmail.com 

Pages