RIVIEW BUKU MANAGEMEN PROYEK (KONSEP DAN IMPLEMENTASI) - Enfys

Sunday 30 October 2016

RIVIEW BUKU MANAGEMEN PROYEK (KONSEP DAN IMPLEMENTASI)


1.      Pendahuluan
Managemen proyek merupakan hal yang sangat penting untuk melakukan perencanaan pekerjaan agar meminimalisir waktu pekerjaan dan biaya. Karena jika suatu pekerjaan dikerjakan secara biasa maka akan memakan banyak waktu dan banyak biaya, oleh Karena itu maka kita harus menganggapnya suatu proyek agar lebih mempercepat waktu pekerjaan.
Managemen proyek merupakan suatu pekerjaan yang terencana sebelumnya agar membedakan proyek dengan pekerjaan biasa. Oleh Karena itu sutu proyek harus tepat dalam penerapannya dan kita juga harus mengenal managemen proyek secara benar agar bisa melaksanakannya.

2.      Pembahasan
Buku Managemen Ptoyek (Konsep Dan Implementasi) merupakan sebuah buku yang berisi tentang susunan susunan dari sebuah materi tentang managemen proyek, konsep dan implementasi dari proyek tersebut. Dalam buku ini definisi proyek “merupakan sebuah rangkaian aktifitas unik yang saling terkait untuk mencapai suatu hasil tertentu dan dilakukan dalam suatu periode waktu tertentu pula”. Jadi proyek adalah suatu pekerjaan yang didalamnya terdapat perlakuan yang unik dan terencana untuk mencapai suatu pencapaian dalam batas atau periode waktu yang telah ditentukan.
Managemen Proyek merupakan sebuah kata managemen yaitu mengatur dan proyek adalah suatu pekerjaan maka managemen proyek merupakan sebuah proyek yang diawasi agar proyek tersebut bisa berjalan sesuai rencana. Karena dalam managemen proyek telah terbuat suatu list aktifitas yang harus dilakukan dan tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Pada buku ini juga terdapat berbagai hal mengenai jenis jenis proyek dan bagaimana timbulnya suatu proyek.
Siklus hidup proyek merupakan sebuah siklus dimana proyek seperti manusia yang tumbuh dari anak anak menuju dewasa dan akhirnya meninggal, proyek juga memiliki siklus seperti itu. Tetapi jika proyek mati itu berarti produk tidak lagi diminati oleh konsumen, oleh Karena itu maka kita harus menggunakan konsep untuk produk lainnya.
Organisasi Proyek ketika sebuah perusahaan membuat proyek, maka harus membuat suatu struktur organisasi yang dibedakan dari setiap pekerjaan dan keahlian SDM (Sumber Daya Manusia). Oeh Karena itu maka dalam organisasi proyek harus tersusun secara sempurna supaya meminimalisir terjadinya kesalahan dari pegawai.
Tim Proyek merupakan sebuah Grup yang terdiri dari susunan berbagai pekerjaan pekerjaan untuk melakukan suatu pekerjaan yang saling berhubungan antara pekerjaan satu dengan yang lainnya,
Perencanaan Proyek merupakan sebuah tahapan dimana proyek dirancang dan disusun dari sebuah struktur organisasi dan sebuah Tim. Oleh Karena itu perancangan Proyek merupakan sebuah penentu apakah proyek akan berhasil sukses atau gagal. Maka hendaknya melakukan perencanaan proyek dengan baik dan benar.
Penjadwalan Proyek merupakan sebuah penjadwalan dimana sebuah proyek yang dilakukan akan diselesaikan tahap demi tahap sesuai penjadwalan yang telah dirancang oleh sipembuat perancangan proyek tersebut.
Minimasi Biaya dan Alokasi Sumber Daya merupakan suatu hal yang penting dalam suatu proyek. Agar suatu proyek berjalan dengan efisiensi biaya maka dibuatlah perancangan untuk mengatur biaya pengeluaran dan alokasi sumber daya yang akan digunakan oleh pekerjaan proyek tersebut.
Estimasi Biaya dan Penganggaran merupakan sebuah rancangan mengenai keuangan dalam sebuah proyek yang harus diminimalisir. Kegunaan biaya dan anggaran adalah untuk membeli sumber daya dan membayar pekerja untuk proyek yang dijalankan.
Pengendalian Proyek merupakan sebuah pengendalian dimana proyek diawasi dan dilakukan sesuai dengan waktu, biaya dan performansi sesuai yang telah dirancang oleh perancangan proyek.
Evaluasim, Audit Pelaporan dan Penyelesaian Proyek adalah suatu kegiatan dimana proyek sudah selesai maka akan dibuat suatu evaluasi dari proyek yang telah diselesaikan. Dengan laporan penyelesaian proyek juga diperlukan setelah proyek selesai.
Pemilihan Proyek adalah dimana perusahaan akan memilih suatu proyek maka ada pemilihan proyek. Perusahaan juga harus memilih proyek yang menurut mereka baik bagi kelangsungan perusahaan tersebut.
Mengelola Konflik Dalam Proyek merupakan sebuah cara dimana suatu pekerjaan pasti akan memiliki konfil, terlebih lagi didalam proyek yang melibatkan berbagai pihak. Maka dari itu konflik yang ada dalam Proyek harus diselesaikan dengan cara dikelola dengan baik dan benar agar tidak adanya kerengangan dalam pengerjaan sebuah proyek.
Manajemen Resiko Proyek merupakan mengatur atau memanage suatu resiko didalam proyek yang mungkin akan terjadi dan harus diminimalisir dengan cara membuat rencana sebelum hal tersebut terjadi.

3.      Penutup
Kesimpulan yang dapat diambil dari buku ini adalah bagaimana cara kita membuat suatu proyek dari rancangan hingga tahap penyelesaian dengan merancang sebuah proyek dan mengendalikan proyek, meminimalisir resiko, biaya dan waktu sehingga proyek yang dikerjakan akan berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dirancang dengan matang.

4.      Daftar Pustaka

Santosa Budi, 2009, MANAJEMEN PROYEK: Konsep & Implementasi, Edisi Pertama , Yogyakarta, Graha Ilmu,

Pages