- Enfys

Saturday 13 May 2017

Analisa Desain Logo Nike



           Nike, Inc, merupakan sebuah perusahaan terkemuka di Amerika yang berkantor pusat di Washington Country. Perusahaan ini tak hanya fokus pada produksi alas kaki, namun juga pakaian, peralatan olahraga, dan asesoris lainnya. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1964 oleh Bill Bowerman dan Phil Knight sebagai "Blue Ribbon Sports.

Bentuk Logo
               Bentuk logo Nike merupakan bentuk yang sangat sederhana, yaitu 'swoosh', namun ternyata memiliki aspek yang sangat luas. Logo ini pertama kali dicetuskan oleh seorang mahasiswa desain grafis, Carolyn Davidson, pada tahun 1971.
             Ternyata logo 'swoosh' Nike tersebut melambang sayap dari Dewi Kemenangan Yunani, Nike. Ya, namanya adalah Nike. Suatu cerita rakyat di sana, mengatakan bahwa Dewi Nike ini memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap prajurit-prajurit pemberani yang tak terhitung jumlahnya. Untuk cerita lebih lengkapnya bisa sobat cari di mbah google. Lalu, cerita lain mengatakan bahwa seorang Yunani akan mengatakan,"Ketika kita pergi ke pertempuran dan menang, kita katakan itu adalah Nike."
              Sebenarnya tanda 'check' itu aslinya adalah tanda 'strip', namun kemudian disebut dengan 'swoosh'. Logo ini terdaftar sebagai trademark pada tahun 1995, dan mulai saat itu menjadi identitas dari Nike, Inc.

Warna Logo
             Warna logo Nike, terutama pada 'swoosh'nya mengalami perubahan dari putih menjadi merah-putih. Untuk warna merah, melambangkan passion, energi, kegembiraan. Sedangkan warna putih melambangkan bangsawan, pesona, dan kemurnian dari merek Nike itu sendiri.

Font Logo
             Sampai tahun 1995, logo Nike menampilkan nama perusahaan menggunakan jenis huruf Futura Bold dalam karakter huruf besar.

Slogan
                Slogan “just do it” nya selalu disebut oleh seluruh generasi. ‘Just Do It’ berarti ‘lakukan saja’ fungsinya seperti nasehat supaya orang-orang jangan mudah menyerah kalah.





Sumber : 
http://mamayhumaeroh.ilearning.me/?p=2394


Pages