Analisa ATM Bank BNI dan Bank BCA (Soft Skill Tugas Kelompok) - Enfys

Sunday 26 March 2017

Analisa ATM Bank BNI dan Bank BCA (Soft Skill Tugas Kelompok)

Analisa ATM Bank BNI dan Bank BCA
ATM (Anjungan Tunai Mandir) merupakan alat yang sering digunakan untuk mengambil uang yang tersimpan pada Bank. ATM juga merupakan effisiensi bagi nasabah untuk dapat dimudahkan dalam mengambil uang yang tersimpan di Bank dan bisa diambil melalui ATM terdekat tanpa harus datang ke Bank yang jauh. Selain itu ATM juga berfungsi sebaga media transaksi yang sekarang sering digunakan oleh orang banyak. Karena lebih mudah dan tidak perlu bertransaksi ditempat yg sama.
1.       Prinsip Usability
Prinsip Usabity pada Masing masing ATM Bank BNI dan Bank BCA adalah sama. Karena sama sama dilakukan untuk bertransaksi dan keperluan keuangan, seperti mentransfer, penarikan dana, transkaksi online, dan terkadang ada juga atm yg bisa memasukan uang kedalam saldo (ATM setor Tunai). Selain itu ATM sendiri juga membutuhkan keamanan dengan menggunakan password atau PIN. Dalam ATM juga kita bisa mengganti PIN jika dibutuhkan.
2.       Analisa Tugas
Analisa Tugas, ATM bertugas sebagai media untuk melakukan transaksi yang dibutuhkan user kepada user lain atau kepada perusahaan yang dituju. ATM terkoneksi dengan jaringan perbankan ATM jga memiliki server dan dalam jaringan perbankan ATM juga terkoneksi dengan rekening.
3.       Interface
Interface pada ATM BCA


Pada ATM BCA menu yang disediakan di awal sangat komunikatif karena lebih banyak opsi yang bisa dipilih atau yang ingin digunakan oleh user. Dalam menu ini kita bisa menilai jika untuk menu ini banyak pilihan yg bsa kita gunakan seperti informasi saldo, pembayaran, penarikan tunai, ganti pin, transfer, informasi, voucher isi ulang, pembelian. Ini adalah menu yang bisa kita pilih. Menu menu diatas adalah menu yang umum sering digunakan oleh kebanyakan user.

Interface pada ATM BNI


Interface ATM bank BNI dari menu yang ditampilkan dapat kita lihat. ATM BNI ini lebih mengutamakan kecepatan dalam penarikan dana atau tunai. Karena dalam menu awal sudah dimunculkan nilai nilai saldo yang bsa secara cepat ditarik. Dan menu yang lainnya dapat kita lihat di bagian menu lain. Seperti transfer, ganti PIN, dll
4.       Design Tampilan (Desain Grafik: filosopi Desain, Prinsip Desain Grafik, Pembuatan user interface, Teknik Koding, typografi, fonts, warna(atribut sosial), desain icon)

Desain BCA
·         Filosopi & Prinsip Desain  Pada ATM ini Desain digunakan untuk mempermudah para user untuk memilih menu dengan cara meletakan menu di sebelah kanan dan kiri dan meletakan tombol di sampingnya agar lebih mudah bagi user menggunakan ATM tersebut. Terlebih lagi yang memiliki fitur touch screen, yaitu dengan cara menekan menu yang akan dipilh.
·         Typografi, Fonts dan Warna desain Icon pada atm ini dimaksudkan agar penyampaian dari mesin dimengerti oleh user. Karena itu sangat penting sekali ATM memiliki font yang jelas, dari segi ukuran dan warna. Warna pada ATM ini adalah putih dengan background biru tua. Oleh karena itu sangat cocok sekali digunakan karena biru tua merupakan gambar yg sedikit lebih gelap dan warna putih merupakan warna yang terang dan terlihat sangat mencolok dan membuat jelas tulisan yang muncul di layar ATM.

Desain BNI
·         Filosopi & Prinsip Desain  Pada ATM ini Desain digunakan untuk mempermudah para user untuk memilih menu transfer cepat. dengan cara meletakan menu di sebelah kanan dan kiri dan meletakan tombol di sampingnya agar lebih mudah bagi user menggunakan ATM tersebut. Terlebih lagi yang memiliki fitur touch screen, yaitu dengan cara menekan menu yang akan dipilh.
·         Typografi, Fonts dan Warna desain Icon pada atm ini dimaksudkan agar penyampaian dari mesin dimengerti oleh user. Karena itu warna yang digunakan tulisan yang digunakan ATM ini berwarna kuning dan memiliki background berwarna Cyan. Sangat cocok digunakan karena dengan keterbalkikan warna kuning yang digunakan sedikit gelap dan warna cyan yang sangat terang. Bisa mempermudah bagi user untuk membaca tulisan yang muncul pada layar ATM.


5.       Desaign Dialog (Dialog Style :Command Language, WIMP, Direct Manipulation (DM), Speech dan bahasa natural, User Interface Software)
Desain Dialog ATM BCA dari menu yang dilihat ATM ini mempunain dialog yang mempersilahkan user untuk bertransaksi dan menyarankan menekan cancle untuk membatalkan transaksi. Dari dialog diatas dapat memberikan arahan yg bagi user agar tidak kebingungan ataupun kesalahan saat bertransaksi

Desain Dialog ATM BNI dari menu yang digunakan dapat kita lihat jika  menu ini merupakan menu yang bsa menarik tunai dengan cepat jadi user dimudahkan untuk menarik uang tunai dengan cepat agar user mengefisiensi waktu. Dan menyarankan kita untuk memilih menu yang lain.

6.       Penanganan Kesalahan & Help-Dokumentasi.

Penanganan Kesalahan dalam ATM penganan kesalahan bisa menghubungi bank bank terkait. Terutaman jika kartu ATM tidak bisa keluar atau macet. Terlebih lagi jika ATM tiba tiba rusak.

Sumber :
zakwanirvani, "Fasilitas interface ATM BANK BNI" 29 April 2013.
http://bengkel-rifai.blogspot.co.id/2013/04/anilisa-dari-interface-atm.html
rifai, "Analisa dari Interface mesin ATM (Automatic Teller Machine)" 29 April 2013.
http://zakwanirvani.blogspot.co.id/2013/04/fasilitas-interface-atm-bank-bni.html

Pages