Interaksi Manusia dan Komputer beserta Bidang Ilmu dasar dan Prinsip yang terkait - Enfys

Wednesday 15 March 2017

Interaksi Manusia dan Komputer beserta Bidang Ilmu dasar dan Prinsip yang terkait

Interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi berbagai aspek seperti perancang, evaluasi dan implementasi pengguna komputer agar mudah untuk digunakan user. Dalam ilmu ini juga berusaha untuk menemukan cara yang paling efisien untuk mengirimkan informasi antar pengguna komputer melalui pesan elektronik.
                Interaksi manusia dan komputer (IMK) juga berperan dalam berbagai bidang ilmu seperti ilmu teknik elektronika dan komputer, psikologi, perancangan grafis dan tipografi, ergonomik, antropologi, linguistik, sosiologi dan ekonomi serta berbagai macam bidang lainnya.Berdasarkan bidang bidang tersebut juga dakam IMK harus mempunyai berbagai hal yang dapet menunjang dalam bidang masing masing.
                Interaksi manusia dan komputer merupakan sistem yang interaktif yang memungkinkan pengguna untuk mencapai tujuan yang diinginkan.  Suatu sistem dibangun agar mempunyai daya tinggi. Dalam sistem interaksi manusia dan komputer juga harus mempunyai desain yang menarik dan friendly agar mudah digunakan oleh user.
                 Karena IMK merupakan ilmu yang digunakan untuk terjadinya interaksi antar manusia dan komputer atau antar user yang menggunakan komputer dengan user lain yang menggunakan komputer. maka keduanya harus saling terhubung agar daoet bertukar informasi. karna dasarnya interaksi manusia dan komputer harus diimbangi dengan ilmu. manusia membutuhkan ilmu untuk mengoprasikan komputer. dan juga komputer harus memiliki effisiensi dan performa yang cukup untuk digunakan oleh user dan dalam aplikasi yang digunakan harus memiliki desain yang menarik dan mudah digunakan.
                
Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam suksesnya pencapaian tujuan tersebut adalah :
  • Kehandalan : berfungsi seperti yang diinginkan.
  • Ketersediaan : tersedia ketika hendak digunakan.
  • Keamanan : terlindungi dari akses yang tidak diinginkan.
  • Integritas data : terlindung dari kerusakan baik sengaja atau tidak.
  • Standardisasi : keseragaman sifat-sifat antarmuka pemakai pada aplikasi yang berbeda.
  • Integritas : keterpaduan antara paket aplikasi dan software tools.
  • Konsistensi : keseragaman dalam suatu program aplikasi.
  • Integritas : dimungkinnya data dikonversi pada berbagai hardware dan software.

Sumber

Yanisugiyani,”Dasar IMK”25 november 2015.
Tom Rodden, “Human Computer Interaction In The Year 2020”.7 april 2008


Pages