Analisa ATM Bank BNI dan Bank BCA
ATM (Anjungan
Tunai Mandir) merupakan alat yang sering digunakan untuk mengambil uang yang
tersimpan pada Bank. ATM juga merupakan effisiensi bagi nasabah untuk dapat
dimudahkan dalam mengambil uang yang tersimpan di Bank dan bisa diambil melalui
ATM terdekat tanpa harus datang ke Bank yang jauh. Selain itu ATM juga
berfungsi sebaga media transaksi yang sekarang sering digunakan oleh orang
banyak. Karena lebih mudah dan tidak perlu bertransaksi ditempat yg sama.
1. Prinsip
Usability
Prinsip Usabity pada Masing masing
ATM Bank BNI dan Bank BCA adalah sama. Karena sama sama dilakukan untuk bertransaksi
dan keperluan keuangan, seperti mentransfer, penarikan dana, transkaksi online,
dan terkadang ada juga atm yg bisa memasukan uang kedalam saldo (ATM setor
Tunai). Selain itu ATM sendiri juga membutuhkan keamanan dengan menggunakan
password atau PIN. Dalam ATM juga kita bisa mengganti PIN jika dibutuhkan.
2. Analisa
Tugas
Analisa Tugas, ATM bertugas sebagai media untuk melakukan transaksi
yang dibutuhkan user kepada user lain atau kepada perusahaan yang dituju. ATM
terkoneksi dengan jaringan perbankan ATM jga memiliki server dan dalam jaringan
perbankan ATM juga terkoneksi dengan rekening.
3. Interface
Pada ATM BCA menu yang disediakan di awal sangat komunikatif karena
lebih banyak opsi yang bisa dipilih atau yang ingin digunakan oleh user. Dalam menu
ini kita bisa menilai jika untuk menu ini banyak pilihan yg bsa kita gunakan
seperti informasi saldo, pembayaran, penarikan tunai, ganti pin, transfer,
informasi, voucher isi ulang, pembelian. Ini adalah menu yang bisa kita pilih. Menu
menu diatas adalah menu yang umum sering digunakan oleh kebanyakan user.
Interface ATM bank BNI dari menu yang ditampilkan dapat kita lihat. ATM
BNI ini lebih mengutamakan kecepatan dalam penarikan dana atau tunai. Karena dalam
menu awal sudah dimunculkan nilai nilai saldo yang bsa secara cepat ditarik. Dan
menu yang lainnya dapat kita lihat di bagian menu lain. Seperti transfer, ganti
PIN, dll
4. Design
Tampilan (Desain Grafik: filosopi Desain, Prinsip Desain Grafik, Pembuatan user
interface, Teknik Koding, typografi, fonts, warna(atribut sosial), desain icon)
Desain BCA
·
Filosopi & Prinsip Desain Pada ATM ini Desain digunakan untuk
mempermudah para user untuk memilih menu dengan cara meletakan menu di sebelah
kanan dan kiri dan meletakan tombol di sampingnya agar lebih mudah bagi user
menggunakan ATM tersebut. Terlebih lagi yang memiliki fitur touch screen, yaitu
dengan cara menekan menu yang akan dipilh.
·
Typografi, Fonts dan Warna desain Icon pada atm
ini dimaksudkan agar penyampaian dari mesin dimengerti oleh user. Karena itu
sangat penting sekali ATM memiliki font yang jelas, dari segi ukuran dan warna.
Warna pada ATM ini adalah putih dengan background biru tua. Oleh karena itu
sangat cocok sekali digunakan karena biru tua merupakan gambar yg sedikit lebih
gelap dan warna putih merupakan warna yang terang dan terlihat sangat mencolok
dan membuat jelas tulisan yang muncul di layar ATM.
Desain BNI
·
Filosopi & Prinsip Desain Pada ATM ini Desain digunakan untuk
mempermudah para user untuk memilih menu transfer cepat. dengan cara meletakan
menu di sebelah kanan dan kiri dan meletakan tombol di sampingnya agar lebih
mudah bagi user menggunakan ATM tersebut. Terlebih lagi yang memiliki fitur
touch screen, yaitu dengan cara menekan menu yang akan dipilh.
·
Typografi, Fonts dan Warna desain Icon pada atm
ini dimaksudkan agar penyampaian dari mesin dimengerti oleh user. Karena itu
warna yang digunakan tulisan yang digunakan ATM ini berwarna kuning dan
memiliki background berwarna Cyan. Sangat cocok digunakan karena dengan
keterbalkikan warna kuning yang digunakan sedikit gelap dan warna cyan yang
sangat terang. Bisa mempermudah bagi user untuk membaca tulisan yang muncul
pada layar ATM.
5. Desaign
Dialog (Dialog Style :Command Language, WIMP, Direct Manipulation (DM), Speech
dan bahasa natural, User Interface Software)
Desain Dialog ATM BCA dari menu yang dilihat ATM ini
mempunain dialog yang mempersilahkan user untuk bertransaksi dan menyarankan
menekan cancle untuk membatalkan transaksi. Dari dialog diatas dapat memberikan
arahan yg bagi user agar tidak kebingungan ataupun kesalahan saat bertransaksi
Desain Dialog ATM BNI dari menu yang digunakan dapat
kita lihat jika menu ini merupakan menu
yang bsa menarik tunai dengan cepat jadi user dimudahkan untuk menarik uang
tunai dengan cepat agar user mengefisiensi waktu. Dan menyarankan kita untuk
memilih menu yang lain.
6. Penanganan
Kesalahan & Help-Dokumentasi.
Penanganan Kesalahan dalam ATM penganan kesalahan bisa
menghubungi bank bank terkait. Terutaman jika kartu ATM tidak bisa keluar atau
macet. Terlebih lagi jika ATM tiba tiba rusak.
Sumber :
zakwanirvani, "Fasilitas interface ATM BANK BNI" 29 April 2013.
http://bengkel-rifai.blogspot.co.id/2013/04/anilisa-dari-interface-atm.html
rifai, "Analisa dari Interface mesin ATM (Automatic Teller Machine)" 29 April 2013.
http://zakwanirvani.blogspot.co.id/2013/04/fasilitas-interface-atm-bank-bni.html
Sumber :
zakwanirvani, "Fasilitas interface ATM BANK BNI" 29 April 2013.
http://bengkel-rifai.blogspot.co.id/2013/04/anilisa-dari-interface-atm.html
rifai, "Analisa dari Interface mesin ATM (Automatic Teller Machine)" 29 April 2013.
http://zakwanirvani.blogspot.co.id/2013/04/fasilitas-interface-atm-bank-bni.html