Analisa Desain Logo Nike
Nike, Inc, merupakan sebuah perusahaan terkemuka di Amerika yang
berkantor pusat di Washington Country. Perusahaan ini tak hanya fokus pada
produksi alas kaki, namun juga pakaian, peralatan olahraga, dan asesoris
lainnya. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1964 oleh Bill Bowerman dan Phil
Knight sebagai "Blue Ribbon Sports.
Bentuk Logo
Bentuk logo Nike merupakan bentuk yang sangat sederhana, yaitu 'swoosh',
namun ternyata memiliki aspek yang sangat luas. Logo ini pertama kali
dicetuskan oleh seorang mahasiswa desain grafis, Carolyn Davidson, pada tahun
1971.
Ternyata logo 'swoosh' Nike tersebut melambang sayap dari Dewi
Kemenangan Yunani, Nike. Ya, namanya adalah Nike. Suatu cerita rakyat di sana,
mengatakan bahwa Dewi Nike ini memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap
prajurit-prajurit pemberani yang tak terhitung jumlahnya. Untuk cerita lebih
lengkapnya bisa sobat cari di mbah google. Lalu, cerita lain mengatakan bahwa
seorang Yunani akan mengatakan,"Ketika kita pergi ke pertempuran dan
menang, kita katakan itu adalah Nike."
Sebenarnya tanda 'check' itu aslinya adalah tanda 'strip', namun
kemudian disebut dengan 'swoosh'. Logo ini terdaftar sebagai trademark pada
tahun 1995, dan mulai saat itu menjadi identitas dari Nike, Inc.
Warna Logo
Warna logo Nike, terutama pada 'swoosh'nya mengalami perubahan dari
putih menjadi merah-putih. Untuk warna merah, melambangkan passion, energi,
kegembiraan. Sedangkan warna putih melambangkan bangsawan, pesona, dan
kemurnian dari merek Nike itu sendiri.
Font Logo
Sampai tahun 1995, logo Nike menampilkan nama perusahaan menggunakan
jenis huruf Futura Bold dalam karakter huruf besar.
Slogan
Slogan “just do it” nya selalu disebut oleh seluruh generasi. ‘Just Do It’
berarti ‘lakukan saja’ fungsinya seperti nasehat supaya orang-orang jangan
mudah menyerah kalah.
Sumber :
http://mamayhumaeroh.ilearning.me/?p=2394